Page Nav

HIDE

Latest Quotes

{quotes} {latest}

Ads Place

Pengampunan Tanpa Batas

Injil hari ini berbicara kepada kita tentang perlunya pengampunan. Memang tidak mudah untuk memaafkan, karena duka dan rasa sakit tertentu t...




Injil hari ini berbicara kepada kita tentang perlunya pengampunan.

Memang tidak mudah untuk memaafkan, karena duka dan rasa sakit tertentu terus membara di hati. Ada orang yang berkata, “Aku memaafkan, tapi aku tidak lupa!” Dendam, ketegangan, perbedaan pendapat, penghinaan, pelanggaran, provokasi, semuanya menjadikan pengampunan dan rekonsiliasi menjadi sulit.

Mari kita coba merenungkan perkataan Yesus yang berbicara tentang pendamaian (Mat 18:21-22) dan yang berbicara kepada kita tentang perumpamaan pengampunan tanpa batas (Mat 18:23-35).

Mengampuni tujuh puluh tujuh kali! Matius 18: 21-22

Yesus telah berbicara tentang pentingnya pengampunan dan perlunya mengetahui bagaimana menerima saudara-saudari untuk membantu mereka berdamai dengan komunitas (Mat 18:15-20) Sebelum kata-kata Yesus ini, Petrus bertanya, “Seberapa sering haruskah aku memaafkan kakakku jika dia berbuat salah padaku? Sesering tujuh kali?” Angka tujuh menunjukkan kesempurnaan. Dalam hal ini, ini sinonim dengan selalu. Yesus jauh melampaui usulan Petrus. Dia menghilangkan segala kemungkinan pembatasan pengampunan: “Bukan tujuh kali, saya beritahukan kepadamu, tetapi tujuh puluh tujuh kali!” Artinya, selalu tujuh puluh kali! Tidak ada perbandingan antara pengampunan yang kita terima dari Tuhan dan pengampunan yang seharusnya kita berikan kepada saudara atau saudari kita, seperti yang diajarkan pada kita dalam perumpamaan pengampunan tanpa batas.


Ungkapan tujuh puluh tujuh kali jelas merujuk pada kata-kata Lamekh yang berkata, “Aku membunuh seorang laki-laki karena melukaiku, dan seorang anak laki-laki karena memukulku. Pembalasan tujuh kali lipat bagi Kain, dan tujuh puluh tujuh kali lipat bagi Lamekh” (Kejadian 4:23-24).


Berkatalah Lamekh kepada kedua isterinya itu: "Ada dan Zila, dengarkanlah suaraku: hai isteri-isteri Lamekh, pasanglah telingamu kepada perkataanku ini: Aku telah membunuh seorang laki-laki karena ia melukai aku, membunuh seorang muda karena ia memukul aku sampai bengkak; sebab jika Kain harus dibalaskan tujuh kali lipat, maka Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat."


Yesus ingin membalikkan spiral kekerasan yang memasuki dunia karena ketidaktaatan Adam dan Hawa, karena pembunuhan Habel oleh Kain dan karena pembalasan Lamekh. Ketika kekerasan yang tidak terkendali menyerang kehidupan, segala sesuatu menjadi tidak beres, dan kehidupan menjadi hancur.



Perumpamaan pengampunan tanpa batas Matius 18: 23-35

Denarius adalah mata uang yang digunakan sehari-hari pada saat itu. 1 talenta sama dengan 3.000 syikal atau 6.000 dinar. Jadi, utang sepuluh ribu talenta kira-kira 60.000.000 dinar! (orang ini berhutang bekerja selama 60 juta hari atau kurang lebih 164 ribu tahun hari kerja). Tidak ada perbandingan antara keduanya! Sekalipun si debitur bersama istri dan anak-anaknya bekerja seumur hidup, mereka tidak akan pernah mampu memperoleh penghasilan sebesar itu. Di hadapan kasih Tuhan, yang mengampuni secara cuma-cuma hutang kita sebesar 60 juta, lebih dari sekedar bagian kita untuk mengampuni hutang satu koin secara cuma-cuma, selalu tujuh puluh kali lipat! Satu-satunya batasan kemurahan pengampunan Tuhan adalah ketidakmampuan kita mengampuni saudara kita! (Mat 18:33-34; 6:15)

Komunitas, tempat alternatif solidaritas dan persaudaraan:

Masyarakat Kekaisaran Romawi keras dan tanpa hati, tanpa ruang bagi anak-anak kecil. Mereka mencari perlindungan untuk jantungnya dan tidak menemukannya. Sinagoga juga menuntut dan tidak menawarkan tempat kepada mereka. Dan dalam komunitas Kristen, ketatnya beberapa orang dalam menaati Hukum membuat hidup bersama menjadi sulit karena mereka menggunakan kriteria yang sama dengan sinagoga. Selain itu, menjelang akhir abad pertama, dalam komunitas Kristen, perpecahan yang sama terjadi dalam masyarakat antara kaya dan miskin mulai terlihat (Yak 2:1-9). Alih-alih menjadikan komunitas sebagai tempat penerimaan, mereka malah mengambil risiko menjadi tempat kecaman dan konflik.

Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka. Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk, dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!", bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat? Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia? Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan? Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah? Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran. (Yak 2:1-9)

Matius ingin memberikan pencerahan kepada komunitas-komunitas tersebut, sehingga komunitas-komunitas tersebut dapat menjadi ruang alternatif solidaritas dan persaudaraan. Hal-hal tersebut seharusnya menjadi Kabar Baik bagi masyarakat miskin.


Pertanyaan pendalaman

  1. Mengapa begitu sulit untuk memaafkan?
  2. Bagaimana kita mencapai rekonsiliasi dalam komunitas kita?
  3. Apa cara terbaik untuk melakukan pendekatan memaafkan dan melupakan sambil tetap melindungi kelompok rentan yang berada dalam perawatan kita atau di komunitas kita?

Tidak ada komentar

Advertisement